Isi Seserahan Yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Pernikahan

 

Seserahan merupakan simbol ungkapan cinta dan tanggung jawab calon mempelai pria kepada calon istrinya. Selain berisi kebutuhan sehari-hari dari masing-masing calon pengantin , seserahan juga merupakan simbol kebudayaan bagi kedua belah keluarga, seperti perhiasan, perlengkapan kecantikan, makanan, hingga barang-barang tertentu sesuai dengan budaya dan agama yang dianut. Baik seserahan, hantaran, hingga mahar perlu dikemas dalam satu rangkaian yang harmonis agar dapat dipersembahkan dengan tampilan yang layak dan menarik.

Apa saja isi seserahannya?

Untuk soal isi seserahan mungkin masih banyak yang bingung sebenarnya apa saja sih isi seserahan pernikahan dan apa saja item- item yang perlu dipersiapkan.

Secara umum, barang-barang yang dapat disertakan dalam seserahan adalah
1. Alat beribadah sesuai agama pasangan,
2. Satu set cincin nikah,
3. Perhiasan,
4. Seperangkat busana wanita,
5. Pakai dalam wanita,
6. Tas,
7. Peralatan make up,
8. Alas kaki.

Meski masing-masing barang tersebut memiliki arti dalam filosofi kehidupan pernikahan yang akan dijalani, saat ini pasangan sudah seringkali mempersiapkan barang-barang seserahan sesuai dengan bujet yang tersedia. Beberapa barang wajib bahkan diadaptasi dengan barang pengganti tanpa memudarkan/menghilangkan arti sebenarnya. Arti dari seserahan memang merupakan simbol dari kesanggupan pria dalam memenuhi kebutuhan sang calon istri, namun jangan sampai permintaan calon pengantin wanita memberatkan tabungan/bujet pernikahan yang telah disusun bersama.
Setelah semua barang seserahan tersedia, pasangan bisa memilih kotak seserahan cantik yang sesuai.

Berapa kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

Untuk jumlah kotak seserahan sebenarnya ngga ada ketentuan wajib. Semuanya bisa disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan tetapi ada beberapa tradisi seperti Jawa yang biasanya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil (5, 7, 9, 11 )

Isi seserahan pernikahan ini sebenarnya ngga ada item wajib banget yang harus sama. Balik lagi semua isi seserahan pernikahan di dalamnya disesuaikan dengan budget kalian juga. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini biasanya berisi barang-barang keperluan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan digunakan oleh sang wanita. Jadi bisa dibilang isi barang- barang seserahan pernikahan ini simbol bekal dikehidupan bagi sang wanita kelak.

 


 

Pada prinsipnya, barang yang diberikan adalah barang yang memang dibutuhkan dan akan digunakan oleh pengantin wanita. Jumlahnya pun sangat ditentukan oleh kebutuhan dan dana yang tersedia.
Satu hal yang harus diingat, jumlah kotak seserahan tergantung dari kesepakatan kedua calon pengantin. Balik lagi kembali ke budget.


Posting Komentar